Sabtu, 05 Maret 2011

Sistem informasi


Menurut Alter (1992), Sistem informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi.
Dan sistem informasi memiliki kebutuhan informasi yang ditentukan oleh level-level tertentu seperti level manajemen dan non manajemen yang akan menggunakan sistem informasi. Pada umumnya ditentukan oleh manajemen tingkat atas (strategis), Manajemen tingkat tengah (taktis), Manajemen tingkat bawah (operasional) dan non manajemen.
Jenis keputusan dalam sistem informasi biasanya lebih terstruktur, semiterstruktur atau sama sekali tidak terstruktur.
Pada sistem antar organisasi yang merupakan sistem yang mengotomasikan arus informasi antar organisasi yang mendukung perencanaan, perancangan, pengembangan poduksi dan pengiriman barang dan jasa misalnya Kartu ATM, Wallmart dan Procter dan Gamble.
Sistem informasi memiliki unit-unit pelayanan seperti Electronic Data Processing (EDP), Pengolahan Data Elektronis (PDE) dan Information Technology. Urutan profesional dalam sistem informasi adalah sebagai berikut:
1. Cief Information Officer (CIO)
2. Administrasi Data
3. Manajer Proyek SI
4. Kepala Tim
5. System Analyst
6. Sistem Designer
7. Programmer
8. Application Programmer
9. Maintenance Programmer
10. Hardware Specialist
11. Database Administrator
12. Operator Komputer
13. Juru Kontrol
14. Entry Data
15. Pustakawan
16. Spesialis Pelatihan
17. Auditor Sistem Informasi
18 Webmaster

Self sourcing dan Outsourcing
Self sourcing adalah model pengembangan dan dukungan sistem teknologi informasi yang dilakukan oleh para pekerja disuatu area fungsional dalam organisasi seperti Akunting, Keuangan, Produksi dll.
Outsourcing merupakan pendelegasian terhadap suatu pekerjaan dalam suatu organisasi ke pihak lain dengan jangka waktu tertentu.
Insourcing dan Prototyping
Insourcing merupakan oarng yang bekerja dalam System Development Life Cycle seperti perencanaan, penentuaan ruang lingkup, analisi, desain, implementasi dan pemeliharaan.
dan prototyping merupakan orang yang menidentifikasi kebutuhan dasar, mengembangkan prototipe, menggunakan prototipe dan memperbaiki dan meningkatkan prototipe.

0 komentar:

Posting Komentar

Facebook Comments

cbox
cbox