Senin, 07 Maret 2011

Sistem Operasi bag-1

Sistem operasi berkaitan erat dengan pengoperasian komputer. konsep dan teknologi sistem operasi berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi komputer. Dan komputer merupakan salah satu perangkat elektronik yang dirancang untuk membantu manusia dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang dihadapi. Misalnya digunakan untuk menyelesaikan perhiitungan akuntansi, komputasi numerik, pengolahan basis data perusahaan dan hiburan seperti memutar video dan memainkan games.

Sisitem komputer harus memiliki tiga komponen yang ssaling berkaitan seperti perangkat keras (Hardware), Perangkat lunak (Software) dan pengguna (Brainware). Manusia sebagai pengguna bertindak sebagai operator yang berinteraksi dengan sistem komputer menggunakan peranti input seperti papan ketik (Keyboard), peranti penunjuk (Mouse), dan peranti output seperti monitor.

Perangkat keras (Hardware)
Perangkat keras adalah komponen yang berada pada tingkatan paling bawah dari sistem komputer dan merupakan sistem komputer yang berwujud fisik. Yang paling kasat mata adalah peranti input-output (I/O) dari komputer seperti monitor, keyboard, mouse, printer dan scanner. Namun komponen perangkat keras yang paling vital adalah prosesor (CPU),
emory serta komponen internal lainnya yang biasanya diletakan dalam suatu kotak tertutup yang disebut dengan casing.
Prosesor
Prosesor adalah tempat eksekusi kode intruksi program. Prosesor terdiri dari:
1. Control unit (CU)
2. Arithmetic Logic Unit (ALU)
3. Register.
Control unit bertugas untuk mengatur eksekusi dan mengendalikan seluruh komponen komputer lainnya, seperti memory maupun modul I/O. Sementara ALU bertugas untuk mengeksekusi operasi arithmetic dan logika. Operasi arithmetic meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian danpembagian. Sementara contoh operasi logika adalah perbandingan lebih besar, lebih kecil, kesamaan ataupun ketidaksamaan.
Untuk menjallankan tugasnya , prosesor membutuhkan tempat menampung instruksi , data maupun alamat data. Memori semacam ini disebut dengan register. Jenis-jenis register yang umunya trdapat pada suatu prosesor antara lain:
1. Register data, Yaitu regster yang dapat digunakan untuk menyimpan data serta alamat data program, yang terdiri atas:
a. Register data, digunakan untuk menyimpan data yang dibaca dari memory maupun yang akan di proses di ALU. Contoh register AX,BX,CX,DX.
b. Register alamat, digunakan untuk menyimpan alamat memory dari datamaupun kode instruksi yang akses oleh prosesor.
2. Register Status and Control, yaitu register yang digunakan untuk mengntrol eksekusi kode instruksi program, yang terdiri dari:
a. Register penghitung, register ini menyimpan alamat memory dari kode instruksi yang sedang dieksekusi.
b. Register segmen kode instruksi, register ini menyimpan alamat segmen memory dari kode instruksi yang sedang dieksekusi.
c. Register instuksi, register ini menyimpan kode instrusi yang sedang atau akan dieksekusi.
d. Register status, Register ini menyimpan sejumlah eksekusi yang sedang berlangsung.

Memory utama
Selain prosesor, komponen perangkat keras komputer yang tak kalah penting adalah memory utama. Memory utama adalah tempat penyimpanan utama kode-kode instruksi serta data program.Kode instruksi dan data ini tidak dapat disimpan seluruhnya di register prosesor karena kapasitas register yang terbatas.

Sistem Bus
Selain prosesor dammemory utama, komponen lainnya dari perangkat keras komputer adalah sistem bus. Sistem bus adalah saluran komunikasi antar komponen internal komputer. Sistem bus ini terdiri dari bus kendali, bus data dan bus alamat.
Bus kendali berfungsi sebagai jalur komunikasi informasi kendali dari prosesor ke komponen lainnya. Informasi kendali ini akan menentukan komponen mana yang akan aktif. Kemudian bus alamat, bus alamat berfungsi mengirimkan informasi alamat memory maupun modul I/O yang akan diakses, baik untuk pembacaan ataupun penulisan. sedangkan bus data digunakan untuk mengirimkan data dari alamat memory tersebut ke register yang telah ditentukan dalam kode instruksi.

Untuk komponen perangkat lunak (software) akan dibahas pada sistem operasi bag-2.

0 komentar:

Posting Komentar

Facebook Comments

cbox
cbox