Kamis, 10 Maret 2011

Hardisk 1 yottaByte

NSA sedang membangun sebuah ruangan seluas 92.903 m2 sebagai tempat penyimpanan hardisk dengan biaya sekitar 2 milyar dollar. Rencananya tempat ini nantinya mampu menyimpan data sebesar 1 Yottabytes yang diprediksi akan luncurkan pada tahun 2015. Coba kita pikirkan 250GB saja kita bisa menyimpan berbagai macam file yang berukuran besar, apalagi 1 yottabyte! Mungkin semua file-file berukuran besar yang ada di internet bisa kita unduh semua.
– 1.000 Gigabytes (GB) = 1 Terabytes (TB)
– 1.000 Terabytes (TB) = 1 Petabytes (PB)
– 1.000 Petabytes (PB) = 1 exabytes
– 1.000 Exabytes = 1 Zettabyte
– 1.000 Zettabytes = 1 Yottabytes.
Coba kita bayangkan, berapa banyak hardisk yang dibutuhkan untuk mencapai kapasitas tersebut apabila mereka menggunakan hardisk kapasitas 1 TB per buahnya, maka Kalau kita hitung mereka akan menggunakan sekitar 1.000 milyar hardisk. wow...sangat menakjubkan, semoga ini akan segera diluncurkan. Kita tunggu saja.
Komputer tercepat china
China berhasil melampaui Amerika Serikat dalam hal teknologi superkomputer. Ini didasarkan survei kecepatan mesin komputer di dunia yang dinilai oleh para ahli dari Jerman dan Amerika Serikat.

Tianhe-1 yang berarti 'Bima Sakti' mampu mencapai kecepatan komputasi 2570 triliun kalkulasi per detik, dan menempatkannya di tahta nomor satu dalam survei 500 superkomputer.
Meski demikian, Tianhe - 1 yang dipakai di Tianjing menggunakan chips komputer buatan perusahaan AS. Sementara juara sebelumnya, komputer Jaguar yang dipakai pemerintah AS di Tennessee, melorot di peringkat kedua. Jaguar mampu bergerak dengan kecepatan kalkulasi 1.750 triliun per detik.Sementara sistem kompter lain milik China, Nebulae, di Shenzhen berada di posisi tiga. Meski AS masih mendominasi, setidaknya lebih dari setengah dalam kategori 500 komputer tercepat, namun China berhasil memasukkan 42 sistem dalam peringkat itu. China bahkan mengalahkan negara aditeknologi lainnya seperti Jepang, Prancis, Jerman, dan Inggris.
Ini bukan kali pertamanya mahkota raja digital AS diambil alih negara Asia. Pada 2002, Jepang membuat mesin dengan kekuatan setara dengan 20 komputer paling top AS digabungkan jadi satu. Superkomputer digunakan untuk berbagai bidang yang membutuhkan perhitungan rumit dengan banyak variabel seperti pertahanan, energi, keuangan, dan ilmu pengetahuan.
Perlombaan adikomputer juga menjadi kebanggaan nasional sebuah bangsa.

0 komentar:

Posting Komentar

Facebook Comments

cbox
cbox