Jumat, 11 Maret 2011

Trik Photoshop: Membuat photo gallery

Trik membuat photo gallery with photoshop
Menggunakan photoshop kita juga bisa membuat sebuah gallery photo yang dibuat dalam bentuk web. Dan kita bisa memilih style yang sudah disediakan oleh aplikasi photoshop dan kita hanya tinggal memasukan file photo yang kita inginkan, maka dengan hitungan detik saja gallery photo telah siap dan tampil dalam aplikasi internet kita.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Buka aplikasi photoshop anda.
2 klik menu file -> Automate -> Web photo Gallery. Maka akan tampil kotak dialog Web Photo Gallery.

3. Pada bagian style, anda pilih style yang sesuai keinginan anda, untuk contoh kita pakai style Dotted Border-White on Black.

4. selanjutnya pada source Image, anda pilih use folder, maksud dari use folder adalah kita akan memilih photo didalam sebuah folder. jadi anda siapkan dulu satu buah folder yang berisi photo yang akan anda masukan dalam gallery photo.
5. setelah itu klik browse, cari folder yang anda buat tadi. klik ok.
6. sebaiknya jangan centang include all subfolders, karena jika anda memiliki folder yang didalamnya terdapat folder lagi, maka photo dalam folder tersebut akan ikut tampil dalam gallery photo anda.
7. klik Destination, maksud dari Destination adalah kita akan menyimpan Web Photo Gallery dalam sebuah folder. Jadi file-file yang kita buat akan disimpan di folder tersebut, maka untuk mempermudah pencarian, sebaiknya anda buat dulu folder kosong untuk menyimpan file-file tersebut.kemudian klik ok.

8. pada bagian Option anda pilih saja sesuai keinginan anda, untuk contoh kita gunakan Banner. Jika anda ingin menampilkan thumbnails. anda atur seperti berikut:

9. selanjutnya Site Name, Anda tulis nama gallery photo anda, sebagai contoh kita tulis My Photo Gallery.
10. Bagian Photographer, boleh anda tulis nama anda.
11. untuk Contact Info dan Date biarkan seperti itu, klo ingin merubahnya bisa saja, sesuai dengan keinginan anda.
12. Klik Ok.
13. Tunggu beberapa saat, dan gallery photo anda akan segera tampil di aplikasi internet anda.
14. Pembuatan Web Photo Gallery. Selesai.

Kamis, 10 Maret 2011

Hardisk 1 yottaByte

NSA sedang membangun sebuah ruangan seluas 92.903 m2 sebagai tempat penyimpanan hardisk dengan biaya sekitar 2 milyar dollar. Rencananya tempat ini nantinya mampu menyimpan data sebesar 1 Yottabytes yang diprediksi akan luncurkan pada tahun 2015. Coba kita pikirkan 250GB saja kita bisa menyimpan berbagai macam file yang berukuran besar, apalagi 1 yottabyte! Mungkin semua file-file berukuran besar yang ada di internet bisa kita unduh semua.
– 1.000 Gigabytes (GB) = 1 Terabytes (TB)
– 1.000 Terabytes (TB) = 1 Petabytes (PB)
– 1.000 Petabytes (PB) = 1 exabytes
– 1.000 Exabytes = 1 Zettabyte
– 1.000 Zettabytes = 1 Yottabytes.
Coba kita bayangkan, berapa banyak hardisk yang dibutuhkan untuk mencapai kapasitas tersebut apabila mereka menggunakan hardisk kapasitas 1 TB per buahnya, maka Kalau kita hitung mereka akan menggunakan sekitar 1.000 milyar hardisk. wow...sangat menakjubkan, semoga ini akan segera diluncurkan. Kita tunggu saja.
Komputer tercepat china
China berhasil melampaui Amerika Serikat dalam hal teknologi superkomputer. Ini didasarkan survei kecepatan mesin komputer di dunia yang dinilai oleh para ahli dari Jerman dan Amerika Serikat.

Tianhe-1 yang berarti 'Bima Sakti' mampu mencapai kecepatan komputasi 2570 triliun kalkulasi per detik, dan menempatkannya di tahta nomor satu dalam survei 500 superkomputer.
Meski demikian, Tianhe - 1 yang dipakai di Tianjing menggunakan chips komputer buatan perusahaan AS. Sementara juara sebelumnya, komputer Jaguar yang dipakai pemerintah AS di Tennessee, melorot di peringkat kedua. Jaguar mampu bergerak dengan kecepatan kalkulasi 1.750 triliun per detik.Sementara sistem kompter lain milik China, Nebulae, di Shenzhen berada di posisi tiga. Meski AS masih mendominasi, setidaknya lebih dari setengah dalam kategori 500 komputer tercepat, namun China berhasil memasukkan 42 sistem dalam peringkat itu. China bahkan mengalahkan negara aditeknologi lainnya seperti Jepang, Prancis, Jerman, dan Inggris.
Ini bukan kali pertamanya mahkota raja digital AS diambil alih negara Asia. Pada 2002, Jepang membuat mesin dengan kekuatan setara dengan 20 komputer paling top AS digabungkan jadi satu. Superkomputer digunakan untuk berbagai bidang yang membutuhkan perhitungan rumit dengan banyak variabel seperti pertahanan, energi, keuangan, dan ilmu pengetahuan.
Perlombaan adikomputer juga menjadi kebanggaan nasional sebuah bangsa.

Senin, 07 Maret 2011

Pidato terbaik bung karno

"Mereka mengerti bahwa kita - atau mereka - djikalau ingin mendjadi satu bangsa jang besar, ingin mendjadi bangsa jang mempunjai kehendak untuk bekerdja, perlu pula mempunjai "imagination",: "imagination" hebat, Saudara-saudara!!!"

Inilah pidato Bung Karno di Semarang 29 Juli 1956 yang sangat spektakuler.
Di pidato penting ini Bung Karno menekankan bagaimana cara, supaya Indonesia menjadi bangsa yang berpikir besar, punya impian-impian dan fantasi besar, dan mempunyai imagination yang tinggi untuk merubah bangsa indonesia.

"Saudara-saudara,
Djuga sadja pernah tjeritakan dinegara-negara Barat itu hal artinja manusia, hal artinja massa, massa.
Bahwa dunia ini dihidupi oleh manusia. Bahwa manusia didunia ini, Saudara-saudara, "basically" - pada dasar dan hakekatnja - adalah sama; tidak beda satu sama lain. Dan oleh karena itu manusia inilah jang harus diperhatikan. Bahwa massa inilah achirnja penentu sedjarah, "The Makers of History". Bahwa massa inilah jang tak boleh diabaikan ~ dan bukan sadja massa jang hidup di Amerika, atau Canada, atau Italia, atau Djerman, atau Swiss, tetapi massa diseluruh dunia.

Sebagai tadi saja katakan: Bahwa "World Prosperity", "World Emancipation", "World Peace", jaitu kekajaan, kesedjahteraan haruslah kekajaan dunia : bahwa emansipasi adalah harus emansipasi dunia; bahwa persaudaraan haruslah persaudaraan dunia ; bahwa perdamaian haruslah perdamaian dunia ; bahwa damai adalah harus perdamaian dunia, berdasarkan atas kekuatan massa ini.

Itu saja gambarkan, saja gambarkan dengan seterang-terangnja. Saja datang di Amerika,- terutama sekali di Amerika - Djerman dan lain-lain dengan membawa rombongan. Rombongan inipun selalu saja katakan : Lihat, lihat , lihat, lihat!! Aku jang diberi kewadjiban dan tugas untuk begini : Lihat, lihat, lihat!! - Aku membuat pidato-pidato, aku membuat press-interview, aku memberi penerangan-penerangan; aku jang berbuat, "Ini lho, ini lho Indonesia, ini lho Asia, ini lho Afrika!!"

Saudara-saudara dan rombongan : Buka mata, Buka mata! Buka otak! Buka telinga Perhatikan, perhatikan keadaan! Perhatikan keadaan dan sedapat mungkin tjarilah peladjaran dari pada hal hal ini semuanja, agar supaja saudara saudara dapat mempergunakan itu dalam pekerdjaan raksasa kita membangun Negara dan Tanah Air.
Apa jang mereka perhatikan, Saudara-saudara? Jang mereka harus perhatikan, bahwa di negara-negara itu - terutama sekali di Amerika Serikat - apa jang saja katakan tempoh hari disini " Hollandsdenken " tidak ada.
"Hollands denken" itu apa? Saja bertanja kepada seorang Amerika. Apa "Hollands denken" artinja, berpikir secara Belanda itu apa? Djawabnja tepat Saudara-saudara "That is thinking penny-wise, proud, and foolish", katanja.

"Thinking penny-wise, proud and foolish". Amerika, orang Amerika berkata ini, "Thinking penny-wise" artinja Hitung……..satu sen……..satu sen……..lha ini nanti bisa djadi dua senapa `ndak?........ satu sen……..satu sen……… "Thinking penny-wise"………"Proud" : congkak, congkak, "Foolish" : bodoh.
Oleh karena akhirnja merugikan dia punja diri sendirilah, kita itu, Saudara-saudara, 350 tahun dicekoki dengan "Hollands denken" itu. Saudara-saudara, kita 350 tahun ikut-ikut, lantas mendjadi orang jang berpikir "penny-wise, proud and foolish"

Jang tidak mempunjai "imagination", tidak mempunjai konsepsi-konsepsi besar, tidak mempunjai keberanian - Padahal jang kita lihat di negara-negara lain itu, Saudara-saudara, bangsa bangsa jang mempunjai "imagination", mempunjai fantasi-fantasi besar: mempunjai keberanian ; mempunjai kesediaan menghadapi risiko ; mempunjai dinamika.
Washington Monument, didirikan tahun 1884
George Washington Monument misalnja, tugu nasional Washington di Washington, Saudara-saudara : Masja Allah!!! Itu bukan bikinan tahun ini ; dibikin sudah abad jang lalu, Saudara-saudara. Tingginja! Besarnja! Saja kagum arsiteknja jang mempunjai "imagination" itu, Saudara-saudara.
Bangsa jang tidak mempunjai : imagination" tidak bisa membikin Washington Monument. Bangsa jang tidak mempunjai "imagination"………ja, bikin tugu, ja "rongdepo", Saudara-saudara. Tugu "rong depo" katanja sudah tinggi, sudah hebat.
"Pennj-wise" tidak ada, Saudara-saudara. Mereka mengerti bahwa kita - atau mereka - djikalau ingin mendjadi satu bangsa jang besar, ingin mendjadi bangsa jang mempunjai kehendak untuk bekerdja, perlu pula mempunjai "imagination",: "imagination" hebat, Saudara-saudara.

Perlu djembatan? Ja, bikin djembatan……tetapi djangan djembatan jang selalu tiap tiap sepuluh meter dengan tjagak, Saudara-saudara, Ja , umpamanja kita di sungai Musi…….Tiga hari jang lalu saja ini ditempatnja itu lho Gubernur Sumatera Selatan - Pak Winarno di Palembang - Pak Winarno, hampir hampir saja kata dengan sombong, menundjukkan kepada saja "ini lho Pak! Djembatan ini sedang dibikin, djembatan jang melintasi Sungai Musi" - Saja diam sadja -"Sungai Ogan" - Saja diam sadja, sebab saja hitung-hitung tjagaknja itu. Lha wong bikin djembatan di Sungai Ogan sadja kok tjagak-tjagakan !!
Kalau bangsa dengan "imagination" zonder tjagak, Saudara-saudara !!
Tapi sini beton, tapi situ beton !! Satu djembatan, asal kapal besar bisa berlalu dibawah djembatan itu !! Dan saja melihat di San Fransisco misalnja, djembatan jang demikian itu ; djembatan jang pandjangnja empat kilometer, Saudara-saudara ; jang hanja beberapa tjagak sadja.
Satu djembatan jang tinggi dari permukaan air hingga limapuluhmeter; jang kapal jang terbesar bisa berlajar dibawah djembatan itu. Saja melihat di Annapolis, Saudara-saudara, satu djembatan jang lima kilometer lebih pandjangnja, "imagination", "imagination" "imagination"!!! Tjiptaan besar!!!
Jembatan raksasa Golden Gate di San Francisco,sudah berdiri sejak tahun 1937 Kita jang dahulu bisa mentjiptakan tjandi-tjandi besar seperti Borobudur, dan Prambanan, terbuat dari batu jang sampai sekarang belum hancur ; kita telah mendjadi satu bangsa jang kecil djiwanja, Saudara-saudara!! Satu bangsa jang sedang ditjandra-tjengkalakan didalam tjandra-tjengkala djatuhnja Madjapahit, sirna ilang kertaning bumi!! Kertaning bumi hilang, sudah sirna sama sekali. Mendjadi satu bangsa jang kecil, satu bangsa tugu "rong depa".
Candi raksasa Borobudur di Indonesia, sudah berdiri sejak abad 9 Masehi! Saja tidak berkata berkata bahwa Grand Canyon tidak tjantik. Tapi saja berkata : Tiga danau di Flores lebih tjantik daripada Grand Canyon. Kita ini, Saudara-saudara, bahan tjukup : bahan ketjantikan, bahan kekajaan. Bahan kekajaan sebagai tadi saja katakan : "We have only scratched the surface " - Kita baru `nggaruk diatasnja sadja.
Kekajaan alamnja, Masja Allah subhanallahu wa ta'ala, kekajaan alam. Saja ditanja : Ada besi ditanah-air Tuan? - Ada, sudah ketemu :belum digali. Ja, benar! Arang-batu ada, Nikel ada, Mangan ada, Uranium ada. Percajalah perkataan Pak Presiden. Kita mempunjai Uranium pula.

Kita kaja, kaja, kaja-raja, Saudara-saudara : Berdasarkan atas "imagination", djiwa besar, lepaskan kita ini dari hal itu, Saudara-saudara.
Gali ! Bekerdja! Gali! Bekerdja! Dan kita adalah satu tanah air jang paling cantik di dunia.

Aplikasi komputer (ms.access 2007)

-Rumus membuat form login
Form login ini digunakan untuk mengamankan database yang telah dibuat agar tidak digunakan oleh orang-orang yang mencoba membuka database kita. Form login ini menampilkan inputan nama pengguna resmi dan password yang digunakan. Jadi selain pengguna resmi database tersebut tidak akan bisa di buka.Berikut langkah-lankah yang harus dikerjakan:
Catatan: untuk menjalankan form login ini, anda harus menyiapkan database anda dulu, seperti membuat tabel, form, query dan sebagainya, karena biasanya form login dibuat setelah database yang telah dibuat selesai.
1. langkah pertama membuat tabel pengguna dengan memasukan:
field name: Kode_pengguna, Nama_pengguna, Alamat, Telepon, password.
2. masing masing field menggunakan data type: text.
3. Pada field password, kemudian lihat bagian field properties, klik input Mask kemudian pilih password dan klik finish.
4. save table pengguna.

langkah selanjutnya membuat form login, caranya:
1. pilih create pada tab menu
2. pilih form design
3. kemudian pada lembar form yang kosong. anda klik kanan pada area tersebut pilih page header/footer.
4. setelah itu anda letakan objek kontrol textbox satu buah, combo box satu buah dan 2 buah tombol button.semuanya ada pada tab menu design. kemudian anda atur posisi sesuai keinginan anda.
5. pada textbox pertama ketikan "user name" texbox kedua "password".
6. kemudian tombol button pertama ketikan "Login" tombol kedua "Keluar".
7. pada bagian textbox password. anda klik dua kali, sehingga muncul kotak property sheet. anda pilih all kemudian cari Input Mask. pilih password dan klik finish.
8. selanjutnya anda klik dua kali pada tombol login, sehingga muncul kotak property sheet. kemudian pilih Event dan klik pada bagian On Click. setelah itu pilih Code Builder.
9. Selanjutnya akan muncul Kode program VBA. dibagian tersebut anda masukan kode berikut:
Private Sub Command4_Click()
Dim login As String
Dim rs As Object
If Me.Nama.Value <> "" And Me.TxtPassword.Value <> "" Then

login = "select * from Table_Pengguna where Nama_Pengguna='" & Me.Nama.Value & "' and password='" & TxtPassword.Value & "'"

Me.RecordSource = login
Set rs = Me.RecordsetClone
If Not rs.EOF Then
MsgBox "Login sukses.", vbInformation
DoCmd.Close
DoCmd.OpenForm "Switchboard"
Else
MsgBox "Id dan Password tidak ditemukan.", vbExclamation
End If

Else
MsgBox "Isikan data dengan lengkap terlebih dahulu.", vbInformation + vbOKOnly

End If

End Sub
sesuaikan "txtpassword" dengan textbox password yang anda buat sebelumnya.
10. kemudian save.
11. pada bagian tombol button keluar, anda klik property sheet pilih on click ->> pilih code builder.
12. masukan kode berikut:
Private Sub Command7_Click()
Dim Keluar As String
Keluar = MsgBox("Apakah Anda ingin keluar dari aplikasi ini ? ", vbQuestion + vbYesNo, "Aplikasi Database Penjualan")
If Keluar = vbYes Then
DoCmd.Quit
End If
End Sub
13. save.
14. atur lagi tampilan sesuai keiginan anda, seperti menambahkan gambar dan text pada bagian Header.
15. Pembuatan form password, Selesai.

Sistem Operasi bag-1

Sistem operasi berkaitan erat dengan pengoperasian komputer. konsep dan teknologi sistem operasi berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi komputer. Dan komputer merupakan salah satu perangkat elektronik yang dirancang untuk membantu manusia dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang dihadapi. Misalnya digunakan untuk menyelesaikan perhiitungan akuntansi, komputasi numerik, pengolahan basis data perusahaan dan hiburan seperti memutar video dan memainkan games.

Sisitem komputer harus memiliki tiga komponen yang ssaling berkaitan seperti perangkat keras (Hardware), Perangkat lunak (Software) dan pengguna (Brainware). Manusia sebagai pengguna bertindak sebagai operator yang berinteraksi dengan sistem komputer menggunakan peranti input seperti papan ketik (Keyboard), peranti penunjuk (Mouse), dan peranti output seperti monitor.

Perangkat keras (Hardware)
Perangkat keras adalah komponen yang berada pada tingkatan paling bawah dari sistem komputer dan merupakan sistem komputer yang berwujud fisik. Yang paling kasat mata adalah peranti input-output (I/O) dari komputer seperti monitor, keyboard, mouse, printer dan scanner. Namun komponen perangkat keras yang paling vital adalah prosesor (CPU),
emory serta komponen internal lainnya yang biasanya diletakan dalam suatu kotak tertutup yang disebut dengan casing.
Prosesor
Prosesor adalah tempat eksekusi kode intruksi program. Prosesor terdiri dari:
1. Control unit (CU)
2. Arithmetic Logic Unit (ALU)
3. Register.
Control unit bertugas untuk mengatur eksekusi dan mengendalikan seluruh komponen komputer lainnya, seperti memory maupun modul I/O. Sementara ALU bertugas untuk mengeksekusi operasi arithmetic dan logika. Operasi arithmetic meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian danpembagian. Sementara contoh operasi logika adalah perbandingan lebih besar, lebih kecil, kesamaan ataupun ketidaksamaan.
Untuk menjallankan tugasnya , prosesor membutuhkan tempat menampung instruksi , data maupun alamat data. Memori semacam ini disebut dengan register. Jenis-jenis register yang umunya trdapat pada suatu prosesor antara lain:
1. Register data, Yaitu regster yang dapat digunakan untuk menyimpan data serta alamat data program, yang terdiri atas:
a. Register data, digunakan untuk menyimpan data yang dibaca dari memory maupun yang akan di proses di ALU. Contoh register AX,BX,CX,DX.
b. Register alamat, digunakan untuk menyimpan alamat memory dari datamaupun kode instruksi yang akses oleh prosesor.
2. Register Status and Control, yaitu register yang digunakan untuk mengntrol eksekusi kode instruksi program, yang terdiri dari:
a. Register penghitung, register ini menyimpan alamat memory dari kode instruksi yang sedang dieksekusi.
b. Register segmen kode instruksi, register ini menyimpan alamat segmen memory dari kode instruksi yang sedang dieksekusi.
c. Register instuksi, register ini menyimpan kode instrusi yang sedang atau akan dieksekusi.
d. Register status, Register ini menyimpan sejumlah eksekusi yang sedang berlangsung.

Memory utama
Selain prosesor, komponen perangkat keras komputer yang tak kalah penting adalah memory utama. Memory utama adalah tempat penyimpanan utama kode-kode instruksi serta data program.Kode instruksi dan data ini tidak dapat disimpan seluruhnya di register prosesor karena kapasitas register yang terbatas.

Sistem Bus
Selain prosesor dammemory utama, komponen lainnya dari perangkat keras komputer adalah sistem bus. Sistem bus adalah saluran komunikasi antar komponen internal komputer. Sistem bus ini terdiri dari bus kendali, bus data dan bus alamat.
Bus kendali berfungsi sebagai jalur komunikasi informasi kendali dari prosesor ke komponen lainnya. Informasi kendali ini akan menentukan komponen mana yang akan aktif. Kemudian bus alamat, bus alamat berfungsi mengirimkan informasi alamat memory maupun modul I/O yang akan diakses, baik untuk pembacaan ataupun penulisan. sedangkan bus data digunakan untuk mengirimkan data dari alamat memory tersebut ke register yang telah ditentukan dalam kode instruksi.

Untuk komponen perangkat lunak (software) akan dibahas pada sistem operasi bag-2.

Minggu, 06 Maret 2011

sejarah google dan yahoo

Sejarah google
Awal mula terbentuknya Google bisa dibilang secara kebetulan. Berawal dari pertemuan antara Larry Page, yang waktu itu berusia 24 tahun dan alumnus Universitas Michigan, dengan Sergey Brin yang berusia 23 tahun pada tahun 1995. Saat itu Larry Page sedang melakukan kunjungan akhir pekan dan diantar oleh Sergey. Dari perbincangan singkat antara Sergey dan Larry tentang mesin pencari yang ada di internet, kedua orang ini sepakat untuk menciptakan mesin pencari yang lebih efektif.
Setelah beberapa lama melakukan riset, akhirnya pada tahun 1996 mereka berhasil menciptakan mesin pencari yang kemudian diberi nama Backrub. Mereka terus menyempurnakan mesin pencari Backrub dan mulai mencari investor untuk proyek mereka.
Googol ke google
Website google mengatakan "Googol merupakan istilah matematika untuk sebuah angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol. Istilah tersebut diciptakan oleh Milton Sirotta, keponakan dari ahli matematika Amerika Edward Kasner, dan dipopulerkan di dalam buku, "Mathematics and the Imagination" karya Kasner dan James Newman. Penggunaan istilah Google mencerminkan misi perusahaan untuk mengorganisasi informasi di web yang berukuran sangat besar. Andy Bechtolsheim akhirnya setuju untuk memberikan investasi sebesar 100.000 dolar dalam bentuk cek, dengan syarat nama mesin pencari tersebut diganti dengan Googol, yaitu sebuah kata yang berarti bilangan satu dengan 100 angka 0 dibelakangnya. Tetapi secara tidak sengaja, Andy salah ketik dan menuliskan cek itu untuk perusahaan Google. Tentu saja hal itu membuat cek tersebut tidak bisa dicairkan karena waktu itu belum ada perusahaan yang bernama Google.
Walaupun menurut mereka nama itu unik, tetapi mereka bingung bagaimana mendirikan perusahaan tersebut. Akhirnya Sergey dan Larry kembali mencari investor lain dan berhasil mengumpulkan lebih dari satu juta dolar. Dengan uang itu, mereka bisa membuat perusahaan dengan nama Google dan mencairkan cek dari Andy Bechtolsheim.
Menjadi mesin pencari terbesar
Setelah Google resmi diluncurkan, banyak yang memandang sebelah mata bahwa mereka tidak akan bisa meraih sukses. Saat itu, mesin pencari di internet belum banyak digunakan oleh pengguna internet. Tetapi seiring berjalannya waktu, orang-orang semakin banyak yang menggunakan mesin pencari Google dan membuat Google menjadi mesin pencari nomor satu yang paling banyak digunakan orang.
Sejarah Google ini membuktikan bahwa pandangan ke depan dari Sergey dan Larry telah berhasil membuat Google menjadi pionir di bidang mesin pencari internet.
Thanks Larry Page and Sergey Brin, semoga google terus jaya.

Sejarah yahoo
Yahoo! adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo! Inc.. Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, di mana saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar.
Mahasiswa teknik David Filo dan Jerry Yang mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek.
Kemudian mereka berfikir, mengapa tidak memasukannya di web? Mereka kemudian bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya, yang dapat memberikan hasil secara online. Pada bulan Maret 1995, Yahoo pun mengadakan kerja sama bisnis dengan para Pemilik lembaga modal Ventura Silicon Valley. Kemudian, mereka pun menjalin kerja sama dengan Sequa Capital, sebuah perusahaan yang mempunyai reputasi dalam bidang investasi termasuk Apple Komputer, Atari, Oracle, dan Cisco Systems. Mereka setuju untuk mendanai Yahoo dengan investasi awal mendekati $2 juta. Karena realisasi perusahaan baru mereka mempunyai pertumbuhan potensial yang cepat, Jerry Yang dan David mulai membangun sebuah tim manajemen. Mereka merekrut seorang veteran Motorola dan alumni jurusan Teknik Stanford bernama Tim Koogle sebagai chief executive officer dan Jeffry Mallet seorang Pendiri Novell's Divisi konsumen WordPerpectsebagai chief operating officer. Mereka berhasil menyelamatkan perputaran pendanaan yang kedua pada tahun 1995 dari investor Reuters Ltd. dan Softbank.
Yahoo! sangat sukses diluncurkan secara go public pada bulan April 1996 dengan jumlah total karyawan 49 orang. Saat ini, Yahoo! Inc. telah menjadi pemimpin komunikasi global lewat internet, komersil, dan perusahaan media yang telah menjadi brand jasa jaringan lebih dari 232 juta individu setiap bulannya di dunia maya. Sebagai navigasi pertama secara online yang memandu dalam web, www.yahoo.com adalah pemimpin pemandu konteks lalu lintas, periklanan, keperluan rumah tangga, dan jangkauan pengguna bisnis. Yahoo! adalah brand internet global pertama yang menjangkau pemirsa paling besar dalam dunia maya.
Perusahaan membangun pula bisnis online dengan perusahaan jasa yang mendesain produktivitas dan web untuk klien-kliennya. Jasa mendesain termasuk dalam kerjasama. Yahoo!, sebuah kustomisasi solusi untuk perusahaan ; audio dan video streaming ; toko hosting dan manajemen ; dan jasa serta perlengkapan website. Jaringan perusahaan web global termasuk dalam 25 world properties. Dengan kantor pusat di Sunnyvale, California, Yahoo! pun telah mempunyai kantor di Eropa, Asia, Amerika Latin, Australia, Kanada, dan Amerika Serikat.

Algoritma dan Pemrograman

Asal kata Algoritma berasal dari nama Abu Ja’far Mohammed Ibn Musa al-Khawarizmi, ilmuan Persia yang menulis kitab al jabr w’al muqabala (rules of restoration and reduction) sekitar tahun 825 M.
Definisi algoritma
Berikut beberapa definisi tentang algoritma:
-Algoritma adalah urutan langkah logis tertentu untuk memecahkan suatu masalah.
Yang ditekankan adalah urutan langkah logis, yang berarti algoritma harus mengikuti suatu urutan tertentu, tidak boleh melompat-lompat. (Sumber: Microsoft Press Computer and Internet Dictionaary 1997, 1998)
- Alur pemikiran dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang dituangkan secara tertulis.
Yang ditekankan pertama adalah alur pikiran, sehingga algoritma seseorang dapat juga berbeda dari algoritma orang lain. Sedangkan penekanan kedua adalah tertulis, yang artinya dapat berupa kalimat, gambar, atau tabel tertentu. (Sumber: Algoritma dan Struktur Data dengan C, C++, dan Java oleh Moh Sjukani hal 1)
Contoh Algoritma dalam kehidupan nyata
Jika seseorang ingin mengirm surat, langkah-langkah yang harus dilakukaknnya adalah:
1. Menulis surat
2. Memasukan dalam amplop
3. Menempelkan perangko
4. pergi ke kantor pos untuk dikirim.
Dari contoh diatas, maka proses pengiriman surat berjalan dengan lancar.
Dalam bidang komputer, algoritma sangat diperlukan dalam menyelesaikan berbagai masalah pemrograman, terutama dalam komputasi numeris. Tanpa algoritma yang dirancang baik, maka proses pemrograman akan menjadi salah, rusak, atau lambat dan tidak efisien.

definisi program
Program adalah kumpulan instruksi/perintah yang ditulis dengan bahasa pemrograman berdasarkan algoritma.
Paradigma pemrograman
Paradigma pemrograman memiliki tujuh jenis bentuk pemrograman:
1. Pemrograman Prosedural
Berdasarkan urutan-urutan, sekuensial Program ditulis dan dikerjakan secara berurutan dari awal hingga akhir.Program dibagi menjadi sub-sub program (prosedur) berdasarkan masalah yang akan diselesaikan.
2. Pemrograman Fungsional
Berdasarkan teori fungsi matematika, Fungsi merupakan sub program di mana tiap fungsi menghasilkan nilai.
3. Pemrograman Terstruktur
Secara berurutan dan terstrukrtur. Program dapat ibagi menjadi prosedur dan fungsi.
Contoh: PASCAL dan C
4. Pemrograman Modular
Pemrograman ini membentuk banyak modul.
Modul merupakan kumpulan dari prosedur dan fungsi yang berdiri sendiri, Sebuah program dapat merupakan kumpulan modul-modul.
Contoh: MODULA-2 atau ADA
5. Pemrograman Berorientasi Obyek
Pemrograman berdasarkan prinsip obyek, dimana obyek memiliki data / variabel / property dan method / event / prosedur yang dapat dimanipulasi
Contoh: C++, Object Pascal, dan Java.
6. Pemrograman Berorientasi Fungsi
Pemrograman ini berfokus pada suatu fungsi tertentu saja. Sangat tergantung pada tujuan pembuatan bahasa pemrograman ini.
Contoh: SQL (Structured Query Language), HTML, XML dan lain-lain.
7. Pemrograman Deklaratif
Pemrograman ini mendeskripsikan suatu masalah dengan pernyataan daripada memecahkan masalah dengan implementasi algoritma.
Contoh: PROLOG.

Alat yang digunakan untuk membuat program adalah bahasa pemrograman. Ada beberapa Bahasa pemrograman yang tersedia yaitu : C, C++, Pascal, Java, C#, Basic, Perl, PHP, ASP, JSP, J#, J++ dan masih banyak bahasa lainnya.
Dari berbagai bahasa pemrograman, dan cara memberikan instruksinya berbeda-beda, namun bertujuan menghasilkan output yang sama.
Kriteria pemrograman menurut Donal E. knuth
1. Input: algoritma dapat memiliki nol atau lebih inputan dari luar.
2. Output: algoritma harus memiliki minimal satu buah output keluaran.
3. Definiteness (pasti): algoritma memiliki instruksi-instruksi yang jelas dan tidak ambigu.
4. Finiteness (ada batas): algoritma harus memiliki titik berhenti (stopping role).
5. Effectiveness (tepat dan efisien): algoritma sebisa mungkin harus dapat dilaksanakan dan efektif. Contoh instruksi yang tidak efektif adalah: A = A + 0 atau A = A * 1
Namun ada beberapa program yang memang dirancang untuk unterminatable: contoh Sistem Operasi.

Jenis proses algoritma
1. Sequence Process: instruksi dikerjakan secara sekuensial, berurutan.
2. Selection Process: instruksi dikerjakan jika memenuhi kriteria tertentu
3. Iteration Process: instruksi dikerjakan selama memenuhi suatu kondisi tertentu.
4. Concurrent Process: beberapa instruksi dikerjakan secara bersama.
Langkah-langkah dalam pemrograman komputer
1. Mendefinisikan masalah Ini merupakan langkah pertama yang sering dilupakan orang. Menurut hukum Murphy (oleh Henry Ledgard): “Semakin cepat menulis program, akan semakin lama kita dapat menyelesaikannya”. Hal tersebut berlaku untuk permasalahan yang kompleks. Tentukan masalahnya, apa saja yang harus dipecahkan dengan menggunakan komputer, dan apa inputan serta outputnya.
2. Menemukan solusi Setelah masalah didefinisikan, maka langkah berikutnya adalah menentukan solusi. Jika masalah terlalu kompleks, maka ada baiknya masalah tersebut dipecah menjadi modul-modul kecil agar lebih mudah diselesaikan.
Contohnya masalah invers matriks, maka kita dapat membagi menjadi beberapa modul:
- meminta masukkan berupa matriks bujur sangkar
- mencari invers matriks
- menampilkan hasil kepada pengguna
Dengan penggunaan modul tersebut program utama akan menjadi lebih singkat dan mudah dilihat.
3. Memilih algoritma. Pilihlah algoritma yang benar-benar sesuai dan efisien untuk permasalahan tersebut
4. Menulis program Pilihlah bahasa yang mudah dipelajari, mudah digunakan, dan lebih baik lagi jika sudah dikuasai, memiliki tingkat kompatibilitas tinggi dengan perangkat keras dan platform lainnya.
5. Menguji program Setelah program jadi, silahkan uji program tersebut dengan segala macam kemungkinan yang ada, termasuk error-handlingnya sehingga program tersebut akan benar-benar handal dan layak digunakan.
6. Menulis dokumentasi Menulis dokumentasi sangat penting agar pada suatu saat jika kita akan melakukan perubahan atau membaca source code yang sudah kita tulis dapat kita ingat-ingat lagi dan kita akan mudah membacanya. Caranya adalah dengan menuliskan komentar-komentar kecil tentang apa maksud kode tersebut, untuk apa, variabel apa saja yang digunakan, untuk apa, dan parameter-parameter yang ada pada suatu prosedur dan fungsi.
7. Merawat program Program yang sudah jadi perlu dirawat untuk mencegah munculnya bug yang sebelumnya tidak terdeteksi. Atau mungkin juga pengguna membutuhkan fasilitas baru yang dulu tidak ada.
Algoritma dan Pemrograman bag-2

Organisasi dan Arsitektur Komputer bag.1

Organisasi dan Arsitektur Komputer
Mengapa harus belajar Arsitektur Komputer?
1. User
- Memahami kemampuan dan batasan system
- Membuat keputusan yang dibutuhkan
- Meningkatkan komunikasi dengan Teknologi Informasi secara Profesional
2. System Analyst
- Melakukan survei, menentukan kelayakan dan menggambarkan kebutuhan pemakai
- Menentukan system computer untuk memenuhi aplikasi yang butuhkan
3. Programmer
- Menciptakan aplikasi software yang efesien untuk menentukan prosessor yang perlukan
4. System Administrator / Manager
- Menginstall, mengkonfigurasi, memperbaiki, dan mengupgrade system computer
- Memaksimalkan system yang tersedia
- Mengoptiimalkan performen dari system
- Menjamin keamanan system
5. Web Designer
- Mengoptimalkan akses pelanggan dalam layanan web
- Memahami system administrasi dari layanan web
- Memilih dengan tepat format data yang digunakan
- Mendesain halaman web lebih efisien

Apa tujuan belajar Arsitektur Komputer?
1. Mengetahui tentang matakuliah CPU Arsitektur
2. Mengetahui hubungan antara CPU Arsitektur dengan matakuliah lain
3. Dapat mengikuti dan memahami perkembangan CPU
4. Mengetahui materi yang akan dipelajari pada matakuliah CPU Arsitektur.

Berikut Ilmu yang mempelajari tentang struktur-struktur dan fungsi dari komputer:
-Mempelajari tentang bagaimana CPU melakukan pekerjaannya
- Mempelajari tentang bagaimana CPU berhubungan dengan peralatan yang lain dalam menjalankan tugasnya
- Mempelajari tentang komponen-komponen apa saja yang ada di dalam CPU
- Mempelajari bagaimana cara mengatur kerja masing-masing komponen sehingga dapat berfungsi dengan baik

Perbedaan arsitektur dan organisasi komputer
1. Arsitektur Komputer
Arsitektur Komputer berkaitan erat dengan atribut-atribut sebuah sistem yang tampak (Visible) bagi seorang program.
Contoh Atribut Arsitektural Adalah : set instruksi, jumlah bit utk representasi bermacam jenis data, mekanisme I/O, dan teknik-teknik pengalamatan memory.
2. Organisasi Komputer
Organisasi Komputer berkaitan erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural.
Contoh Atribut Organisasional Adalah : rincian hardware yang dapat diketahui oleh pemrogram, seperti sinyal kontrol, interface komputer, dan teknologi memori yang digunakan.

Struktur dan fungsi komputer
- Struktur komputer, Komponen-komponen yang saling berkaitan. Ada 4 komponen utama dalam struktur komponen:
1. Central Processing Unit
Komponen Utama Dari CPU à Control Unit, ALU, Register, CPU Interconnection
2. Main Memory
Komponen Utama Dari Memory à Internal Memory, dan External Memory
3. Input Output
Komponen Utama Dari I/O à Monitor,Keyboard,mouse dan printer
4. System Interconnection
Komponen Utama Dari SI à Bus data, Bus Alamat, dan Bus Kontrol.

- Fungsi komputer, Masing-masing operasi komponen sebagai bagian dari struktur. Ada 4 fungsi dasar pada sebuah komputer:
1. Pengolah Data (Data Processing)
2. Penyimpan Data (Data Storage)
3. Pemindah Data (Data Movement)
4. Kontrol (Control).

Mikroprosesor
Ada tiga pengertian yang harus dibedakan yaitu:
1 Mikroprosesor
2. Mikrokomputer
3. Mikrokontroler

- Mikroprosesor
Mikroprosesor adalah sustu chip (IC=Integrated Circuits) yang didalamnya terkandung rangkaian ALU (Arithmetic Logic Unit), Rangkaian CU (Control Unit), dan Register-register.
Mikroprosesor disebut juga dengan CPU (Control Processing Unit). ALU menyediakan fungsi pengolahan dan Register penyimpan sementara dalam mikroprosesor.
- Mikrokomputer
Mikrokomputer adalah interkoneksi antara mikroprosesor (CPU) dengan memori utama (Main Memory) dan antar muka Input-Output (I/O Interface) yang dilakukan dengan menggunakan system interkoneksi bus.
Bus merupakan kumpulan konduktor, yang membawa sinyal-sinyal alamat, data dan kontrol
1. Bus alamat, Kumpulan konduktor, yang membawa kode-kode alamat dari mikroprosesor ke unit-unitnya dan memiliki sifat aliran satu arah.
2. Bus Data, Kumpulan Konduktor, yang membawa kode-kode intruksi atau data dari mikroprosesor keunit-unitnya atau sebaliknya, dan memiliki sifat aliran dua arah.
3. Bus kontrol, Kumpulan konduktor yang membawa sinyal-sinyal kontrol.

Main memory
Ada main memori yaitu:
1. ROM (Read Only Memory), Memory yang hanya bisa dibaca.
2. RAM (Random Acces Memory), Memori yang bisa dibaca dan ditulis.

I/O Interface & Peripheral
I/O interface merupakan bagian atau unit dari system mikrokomputer yang berfungsi sebagai perantara hubungan antara system mikrokomputer dengan dunia luar (Peripheral).
Peripheral merupakan peeralatan-peralatan diluar system mikrokomputer yang dapat berhubungan dengan system mikrokomputer anta lain monitor (Output), Printer (Output), Keyboard (Input), Mouse (Input).

- Mikrokontroler
Mikrokontroler merupakan Chip yang didalmnya terkandung system interkoneksi antara mikroprosesor, RAM, ROm, I/O Interface dan beberapa peripheral. Mikrokontroler disebut juga On-Chip-Peripheral.