Sabtu, 05 Maret 2011

Local area network

Local Area Network (LAN)
Local Area Network atau LAN merupakan sejumlah komputer yang saling dihubungkan bersama dalam satu area teetentu yang tidak begitu luas, misalnya didalam satu ruangan atau gedung kantor.
Tipe jaringan dalam local area network (LAN) ada dua macam yaitu Client-Server dan Peer to peer. Client server yaitu hanya ada satu komputer sebagai server, dan yang lainnya difungsikan sebagai Workstation atau client. Client adalah komputer-komputer yang menerima dan menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server.
Peer to peer yaitu server tidak berperan sebagai server murni melainkan sekaligus dapat berperan sebagai workstation. dan setiap server yang terhubung ke jaringan dapat bertindak baik sebagai workstation maupun server.
Local area network tersusun dari beberapa elemen dasar yang meliputi komponen hardware dan software, seperti berikut:
1. Komponen Fisik, Contoh Personal Computer (PC), Network Interface Card (NIC), Kabel, Topologi Jaringan.
2. Komponen software, contoh Sistem Operasi Jaringan, Network Adapter Driver dan Protokol Jaringan.

Topologi Jaringan
Topologi jaringan adalah gambaran secara fisik dari pola hubungan antara komponen-komponen jaringan, yang meliputi server, workstation, hib dan pengkabelannya.

Topologi Bus
Topologi Bus digunakan sebuah kabel tunggal atau kabel pusat dimana seluruh workstation dan server dihubungkan. Keunggulan dari topologi Bus adalah pengembangan jaringan atau penambahan worksation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain. Dan kelemahannya bila terdapat gangguan disepanjang kabel pusat maka keseluruha jaringan akan mengalami gangguan.

Topologi Star
Topologi Star merupakan dimana masing-masing workstation dihubungkan secara langsung ke server atau hub. keunggulan topologi star ini yaitu adanya kabel tersendiri untuk setiap workstation keserver, maka bandwitch atau lebar jalur komnikasi dalam kabel akan semakin lebar sehingga akan meningkatkan unjuk kerja jaringan secara keseluruhan. Dan gangguan hanya akan terjadi dalam komunikasi antar workstation yang bersangkutan dengan server. Kelemahan dari topologi ini yaitu kebutuhan kabel yang lebih besar dibandingkan dengan topologi lainnya.

Topologi Ring
Topologi Ring yaitu semua workstation dan server dihubungkan secar lansung sehingga membentuk suatu pola longkaran atau cincin. Keunggulannya tidak terjadi collision atau terjadinya tabrakan pengiriman data seperti pada topologi bus, karena hanya terdapat satu node yang dapat mengirimkan data pada suatu saat. Kelemahannya, setiap node dalam jaringan akan selalu ikut serta mengelola informasi yang dilewatkan dalam jaringan, sehingga bila terdapat gangguan disuatu node maka seluruh jaringan akan terganggu.
Protokol Jaringan
-Ethernet
Ethernet menggunakan metode akses yang disebut CSM/CD (Carrier Sense Multiple Access/Collision Detection) yang memperhatikan keadaan traffic jaringan, jika bersih data dikirim. Kadang terjadi collusion dan komputer akan mundur untuk menunggu kesempatan secara acak mentransmisikan data kembali. Protokol Ethernet dapat digunakan untuk pada model jaringan Garis lurus , Bintang, atau Pohon Data dapat ditransmisikan melewati kabel twisted pair, koaksial, ataupun kabel fiber optic. Dan kecepatan Tranmisi Ethernet adalah 10 Mbps.
- Local Talk
Local Talk merupakan sebuah sebuh protokol network yang di kembangkan oleh Apple Computer, Inc. untuk mesin-mesin komputer Macintosh. Metode yang digunakan oleh LocalTalk adalah CSMA/CA (Carrier Sense Multiple Access with Collision Avoidance). Hampir sama dengan CSMA/CD. Protokol LocalTalk dapat digunakan untuk model jaringan Garis Lurus , Bintang , ataupun model Pohon dengan menggunakan kabel twisted pair. Dan kecepatan tranmisi Localtalk adalah 230 Mbps.
-Token Ring
Metode Akses token ring yaitu melalui sebuah token dalam sebuah lingkaran seperti Cincin. Protokol Token Ring membutuhkan model jaringan Bintang dengan menggunakan kabel twisted pair atau kabel fiber optic. kecepatan transmisi 4 Mbps atau 16 Mbps.
- FDDI
Fiber Distributed Data Interface (FDDI) adalah sebuah Protokol jaringan yang menghubungkan antara dua atau lebih jaringan bahkan pada jarak yang jauh. Metode akses yang digunakan oleh FDDI adalah model token. Dan FDDI menggunakan dua buah topologi ring secara fisik. Proses transmisi baiasanya menggunakan satu buah ring, namun jika ada masalah ditemukan akan secara otomatis menggunakan ring yang kedua.
- ATM (Asynchronous Transfer Mode)
Protokol jaringan yang mentransmisikan pada kecepatan 155 Mbps atau lebih. ATM mendukung variasi media seperti video, CD audio, dan gambar. ATM bekerja pada model topologi Bintang, dengan menggunakan Kabel fiber optic ataupun kabel twisted pair. Banyak dipakai Internet Service Providers (ISP) untuk meningkatkan kecepatan akses Internet untuk klien mereka.

0 komentar:

Posting Komentar

Facebook Comments

cbox
cbox