Jumat, 04 Maret 2011

Perangkat lunak (Software)


- Perangkat lunak sistem
          Merupakan program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer, baik yang bersifat internal maupun eksternal.
seperti : Sistem operasi, itulitas, device driver dll.

2. Perangkat lunak aplikasi
                 Merupakan program yang di gunakan untuk melakukan tugas yang spesifik. Software sangat berkaitan erat dengan brainware (pengguna). Karena, dengan adanya software pengguna dapat mendesain, membuat grafik, menghitung dan membuat suatu objek yang di inginkan.
Berikut beberapa jenis perangkat lunak yang sering kita jumpai:

1. Perangkat lunak komersial
                 Perangkat ini merupakan perangkat lunak yang harus dibeli, karena jenis perangkat ini memiliki hak cipta (copyright). Dan perangkat lunak ini tidak boleh di copy apalagi di modif oleh kita yang bukan menciptakan perangkat tersebut. Jika tidak kita akan melanggar undang-undang tentang hak cipta bab XIII. "untuk mengetahui isi tentang hak cipta silahkan baca disini".
2.Perangkat lunak domain publik
                Merupakan perangkat lunak gratis dan tidak memiliki hak cipta. Tapi walaupun jenis perangkat ini merupakan perangkat lunak yang bebas, pastinya ada yang menciptakannya. maka tidak ada salahnya bagi kita untuk menghargai hasil kreativitas orang lain."artikel tentang menghargai kreativitas orang lain dapat di baca disini".
3. Shareware
                Shareware merupakan perangkat lunak yang bebas untuk digunakan sebagai bahan pengujian dan terkadang jenis perangkat ini bisa selamnaya untuk digunakan.
4. Freeware
                Adalah salah satu perangkat lunak yang dapat digunakan tanpa perlu bayar sedikitpun. karena jenis ini benar-benar free atau gratis.
5. Rentalware
                Perangkat lunak yang satu ini dapat kita gunakan dengan cara menyewa. Seperti halnya kta menyewa DVD/CD film. Jenis ini bisa kita jumpai di internet yang menyediakan penyewaan software atau ditoko-toko tertentu. dan pastinya tidak gratis seperti freeware.
6. Free Software
                 Free software sama halnya dengan freeware yaitu perangkat lunak yang dapat kita gunakan tanpa bayar.
7. Open Source
                 masih sama dengan freeware. gratis tanpa perlu bayar.
8. Otherware
                 Otherware tidak masuk dalam kategori free software, freeware maupun opensource. dikatakan otherware karena menyangkut tentang aplikasi tersebut. Seperti
- Adware
            Pengembang diharuskan memasang iklan pada aplikasi yang dibuatnya.
- Donateware
            Pengguna sukarela menyumbang kepada pembuat aplikasi.
- Postcardware
            Pengguna diharapkan untuk mengirim kartu pos kepada pembuat aplikasi.
Dan masih banyak otherware lain, yang pengertiannya tidak jauh berbeda dengan diatas. Seperti : Beerware, Baitware, Careware dan sebagainya.


Versi
          Sebuah perngkat lunak atau software pasti memiliki masing-masing versi tergantung pembuat aplikasi. Versi menyatakan suatu perubahan besar pada perangkat lunak yang dibuat sebelumnya. umumnya dinyatakan dalam bentuk angka seperti version 1.0, 2.1, 0.1 dan sebagainya. kemudian ada juga yang disebut dengan rilis. rilis ini menyatakan sebuah perubahan kecil pada perangkat lunak yang dibuat dan tidak jauh berbeda pada perangkat yang dibuat sebelumnya. biasanya dinyatakan dalam bentuk angka dibelakang titik seperti versi pertama 1.0 menjadi 1.1. Tapi ada juga jenis perangakat yang dinyatakan dalam bentuk huruf seperti 1.0c menjadi 1.0d.


Jenis perangkat lunak aplikasi
- Perangakat lunak hiburan. Seperti, game, musik, film dan sebagainya.
-Perangkat lunak pendidikan. Seperti, edutaiment, kamus, ensiklopedia, ilmu pengetahuan dan sebagainya              yang menyangkut dalam dunia pendidikan.
- Perangkat lunak produktivitas kerja. seperti word processing, spreadsheet desktop publishing, presentation, communication dan sebagainya
- Perangakat lunak bisnis. seperti, inventory control, accounting dan sebagainya.
- Perangkat lunak khusus. seprti ,software suite, ms office, lotus smart suite dan sebagainya.

Perangkat lunak sistem
- Sistem operasi, Fungsi utama sistem operasi adalah sebagai manajemen proses, manajemen sumber daya, manajemen data dan manajemen keamanan. Sistem operasi memiliki bermacam-macam sistem yang berdasarkan platform seperti PC contohnya Windows atau Linux, kemudian minikomputer contoh VAX/VMS, Digital Unix atau AOS, dan mainframe contoh MVS atau multiple virtual system dan sebagainya.
- Utilitas, yang merupakan program yang bermanfaat untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan sumber daya sistem seperti Format, Scandisk, defragmenter, antivirus, backup/restore data, dan compresi data.
- Device driver, yaitu program yang berfungsi untuk membantu komputer mengendalikan peranti-peranti peripheral.

Cukup sekian pembahasan tentang perangkat lunak atau software. untuk pembahasan selanjutnya akan di bahas dilain waktu. Wassalam.

0 komentar:

Posting Komentar

Facebook Comments

cbox
cbox